Preferensi Konsumen Terhadap Agroindustri Pilek Ue

Adsense

Peunawa

Iklan Berjalan

Iklan Slide

Preferensi Konsumen Terhadap Agroindustri Pilek Ue

9/04/2024



peunawa.com | Bireuen - Penelitian Dosen Pemula (PDP) sejak tanggal 12-15 Agustus 2024 dengan tema "Preferensi Konsumen Terhadap Agroindustri Pliek Ue Melalui Uji Organoleptik  dalam Menentukan Kualitas Pliek Ue di Kabupaten Bireuen" berlangsung di tiga titik penelitian.



Uji organoleptik dilakukan dengan mengidentifikasi warna, aroma, rasa, dan tekstur dari pliek ue yang dihasilkan masyarakat di Kabupaten Bireuen.  

Penelitian ini merupakan program penelitian dosen pemula (PDP) didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (DRTPM) tahun 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 150 responden yang terdiri dari responden laki-laki dan Wanita, masyarakat sangat antusias dengan penelitian ini dikarenakan dapat membantu masyarakat dalam memperbaiki mutu dan kulaitas pliek ue yang dihasilkan olel agroindusti yang ada di Kabupaten Bireuen. 

Ketua Tim Peneliti Naya Desparita, SP., M. Si dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa penelitian ini dilakukan dengan tujuan pemetaan pliek ue yang berkualitas baik dari segi warna, aroma, rasa dan tekstur yang dihasilkan oleh setiap agroindstri.

"Sehingga pihak penghasil pliek ue dapat memasarkan pliek ue bukan hanya di Kabupaten Bireuen, namun juga ke luar Kabupaten Bireuen dengan mutu dan kualitas yang baik",tuturnya.

Anggota tim peneliti Syahirman Hakim, STP., M. Si  sangat antusias dengan kegiatan penelitian ini karena dapat memberikan berdampak kepada pihak agroindustry pliek ue di Kabupaten Bireuen. 

Sri Wahyuni, salah satu responden sekaligus konsumen pliek ue mengatakan pliek ue dikabupaten Bireuen banyak jenis dan berbeda-beda rasanya, dengan adanya penelitian ini dapat memberikan gambaran ke khalayak masyarakat bagaimana jenis dan rasa pliek ue yang disukai dan digemari oleh masyarakat sehingga pihak agroindustri bisa memperbaiki mutu produk pliek ue yang dihasilkan. (*)